Jumat, 13 Desember 2013

RESUME PERILAKU BIAYA AKTIVITAS

PERILAKU BIAYA AKTIVITAS

Dasar – Dasar Perilaku Biaya
Perilaku biaya adlaah istilah umum untuk mendeskripsikan apakah biaya berubah seiring dengan perubahan keluaran. Biaya-biaya bereaksi pada perubahan keluaran dengan berbagai cara.

Biaya Tetap
Biaya yang jumlahnya tetap sama ketika keluarannya berubah disebut biaya tetap. Lebih formalnya, biaya tetap adalah biaya yang dalam jumlah keseluruhan tetap konstan dalam rentang yang relevan ketika tingkat keluaran aktivitas berubah. Rentang yang relevan adalah rentang keluaran dimana asumsi hubungan biaya/keluaran berlaku.

Biaya Variabel
Biaya variabel adalah biaya yang dalam jumlah keseluruhan bervariasi secara proporsional terhadap perubahan-perubahan. Jadi, biaya variabel naik ketika keluaran naik dan akan turun ketika keluaran turun. Biaya variabel dapat juga dinyatakan dalam persamaan linear. Disini biaya variabel bergantung pada tingkat penggerak.
Jumlah biaya variabel = Biaya variable per unit x Jumlah unit

Biaya Campuran
Biaya campuran adalah biaya yang memiliki komponen tetap dan variabel. Persamaan linear untuk biaya campuran adalah sbb:
Jumlah biaya = Biaya tetap + Jumlah biaya variabel

Mengklasifikasi Biaya Sesuai dengan Perilaku

Batasan Waktu
Penentuan biaya, yaitu biaya tetap atau variabel bergantung pada batasan waktu. Dalam jangka panjang semua biaya adalah variabel. Dalam jangka pendek paling tidak satu biaya adalah tetap.

Sumber Daya dan Ukuran Keluaran
Setiap aktivitas memerlukan sumber daya untuk menyelesaikan tugas yang harus dilakukan. Sumber daya dapat berupa bahan baku, energy atau bahan bakar, tenaga kerja, dan modal. Masukan-masukan ini digabung untuk memproduksi suatu keluaran.

Penggerak Tingkat Nonunit
Penggerak tingkat nonunit menjelaskan perubahan dalam biaya ketika faktor-faktor lain (selain unit) berubah.

Aktivitas, Pengguna Sumber Daya, dan Perilaku Biaya

Sumber Daya Fleksibel
Sumber daya fleksibel dipasok saat digunakan dan dibutuhkan. Sumber daya ini diperoleh dari luar pihak dan tidak membutuhkan komitmen jangka panjang untuk membeli sejumlah sumber daya tertentu.

Sumber Daya Terikat
Sumber daya terikat adalah sumber daya yang dipasok sebelum penggunaan, mereka didapat dengan menggunakan kontrak ekspilist atau emplisit untuk memperoleh sejumlah sumber daya tertentu, tanpa memandang apakah jumlah sumber daya yang tersedia digunakan secara penuh atau tidak.

Perilaku Biaya Bertahap (Step Cost)
Biaya bertahap menampilkan tingkat biaya yang konstan untuk rentang keluaran tertentu dan titik tertentu naik ke tingkat biaya lebih tinggi dimana biaya tersebut tidak berubah untuk rentang keluaran sama. Tarif aktivitas tetap adalah jumlah iaya terikat dibagi dengan jumlah kapasitas tersedia. Tarif aktivitas variabel adalah jumlah biaya sumber daya fleksibel dibagi dengan kapasitas yang digunakan.

Implikasi – Implikasi untuk Pengendalian dan Pengambilan Keputusan
Sistem pengendalian operasional mendorong para manajer untuk lebih memperhatikan pengendalian atas penggunaan dan pengeluaran sumber daya. Model penggunaan sumber daya berdasarkan aktivitas juga memungkinkan para manajer untuk menghitung perubahan pasokan dan permintaan sumber daya yang disebabkan oleh implementasi keputusan

Metode untuk Memisahkan Biaya Campuran Menjadi Komponen Tetap dan Variabel

Asumsi Linearitas
Definisi biaya variabel mengasumsikan hubungan linear antara biaya aktivitas dan penggerak aktivitas terkait.

Metode Tinggi Rendah
Metode tinggi rendah adalah suatu metode untuk menentukan persamaan suatu garis lurus dengan terlebih dahulu memilih dua titik (titik tinggi dan rendah) yang akan digunakan untuk menghitung parameter perpotongan dan kemiringan

Metode Scatterplot
Metode Scatterplot adalah suatu metode penentuan persamaan suatu garis dengan menggambarkan data dalam grafik. Grafik scatter dapat membantu memberikan pengetahuan tentang hubungan antara biaya dan penggunaan aktivitas. Keunggulan signifikan dari metode scatterplot  adalah memungkinkan kita melihat data secara visual. Sedangkan kelemahannya adalah tidak ada criteria objektif untuk memilih garis terbaik.

Metode Kuadrat Terkecil
Metode kuadrat terkecil menguadratkan setiap deviasi, dan menjumlahkan deviasi yang dikuadratkan tersebut sebagai ukuran kedekatan keseluruhan. Penguadratan deviasi ini menghindari masalah yang disebabkan oleh bauran angka positif dan negatif.

Penggunaan Program Regresi
Program regresi spreadsheet menyediakan lebih dari sekedar perkiraan koefisien. Program ini juga menyediakan informasi yang dapat digunakan untuk melihat seberapa besarkah persamaan biaya dapat dipercaya suatu fungsi yang tidak tersedia pada metode scatterplot dan tinggi rendah.
Keandalan Rumus Biaya
Penilaian statistik tentang keandalan rumus biaya disebut goodness of fit. Meskipun keluaran menyediakan informasi berguna lainnya untuk menilai keandalan statistik, kita hanya akan melihat goodness of fit.

R Kuadrat – Koefisien Determinasi
Secara statistik, kita dapat menentukan seberapa besar variabilitas dijelaskan dengan melihat koefisien determinasi atau R kuadrat. Koefisien determinasi atau R kuadrat adalah presentase variabilitas variabel terikat yang dijelaskna oleh suatu variabel bebas. Presentase ini merupakan ukuran goodness of fit. Semakin tinggi presentase variabilitas yang dijelaskan, semakin baik garisnya.

Koefisien Korelasi
Ukuran alternatif untuk goodness of fit adalah koefisien korelasi, yaitu akar dari koefisien ddeterminasi. Karena akar dapat bernilai negatif, nilai koefisien korelasinya dapat berkisar antara -1 dan +1.

Regresi Berganda
Jika terdapat dua atau lebih variabel bebas, metode tinggi rendah dan scatterplot tidak dapat digunakan. Untungnya perluasan metode kuadrat terkecil dapat dilakukan secara langsung. Jika kuadrat terkecil digunakan untuk membuat suatu persamaan yang melibatkan dua atau lebih variabel penjelas, metodenya disebut regresi berganda.

Penilaian Manajerial

Sebelum memilih metode ini, manajemen berupaya memastikan sebagian besar biaya adalah variabel atau tetap dan keputusan yang dibuat tidak terlalu sensitif terhadap kesalahan pengklasifikasian biaya. Keunggulan dari penggunaan pertimbangan manajerial untuk memisahkan biaya tetap atau variabel terletak pada kesederhanannya. Akan tetapi kesalahan akan terjadi ketika manajer tidak memiliki pertimbangan yang baik. Oleh karena itu, mempertimbangkan pengalaman manajer, potensi kesalahan, dan pengaruh pertimbangan yang salah terhadap keputusan terkait merupakan hal yang penting.

1 komentar:

  1. Thanks ya, saya sangat berterima kasih kepada penulis karena artikel sangat membantu saya dalam memahami materi tentang Prilaku Biaya Aktivitas. Kunjungi juga ya MAPPING PRILAKU BIAYA AKTIVITAS

    BalasHapus